Sosok Kaka, Bocah 13 Tahun Viral yang Sudah 2,5 Tahun Jadi Fotografer Cilik Kota Lama Semarang

Akhir akhir ini telah beredar sebuah video viral di sosial media TikTok, yang memperlihatkan battle foto antara seorang pria dengan bocah berusia 13 tahun. Diunggah oleh pemilik akun TikTok @sultandongs pada 13 Juni 2021 kemarin. Hingga kini Minggu (1/8/2021), video tersebut telah ditonton sebanyak 32,7 juta kali dan disukai oleh 2,1 juta pengguna TikTok.

Dalam video tersebut pengunggah menceritakan pertemuannya dengan fotografer cilik di kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah. Diketahui bocah tersebut bernama Kaka, ia sudah menjadi fotografer selama 2,5 tahun. Meski baru menginjak usia 13 tahun, Kaka sudah bisa menggunakan kamera dan mengambil foto dengan baik.

Karena merasa kagum dengan Kaka, pengunggah pun mengajak Kaka untuk battle foto dan membuat konten bersama. Selain itu Kaka juga tidak pernah merasa minder, ia juga sudah bisa diajak berpikir dewasa meski usianya masih belia. Kepada Sultan, Kaka mengaku sebelum menjadi fotografer cilik ia adalah penjual koran.

Dalam berjualan koran, Kaka berkeliling di daerah Tugu Muda, Semarang. Berkat kreativitasnya, kaka berpikir untuk menawarkan jasanya sebagai tukang foto menggunakan HP pengunjung. Karena biasanya wisatawan tidak membawa fotografer sendiri ketika berwisata.

Selain itu rumah Kaka juga berada tak jauh dari kawasan wisata Kota Lama. Karena biasanya wisatawan tidak membawa fotografer sendiri ketika berwisata. Kaka tak mematok harga tinggi pada wisatawan yang menggunakan jasanya, cukup bayar seikhlasnya saja.

"Dulunya waktu kecil dia penjual koran keliling di daerah tugu muda, lalu seiring berjalannya waktu dengan kekreatifitasannya, karena kota lama deket dari rumah dia berfikir kalo wisatawan pasti tidak membawa fotografer saat berwisata." "Dia ingin menawarkan dirinya menjadi tukang foto menggunakan HP pengunjung dengan bayaran yang seikhlasnya," terang Sultan. Beruntung kerja keras kaka membuahkan hasil, selang berapa waktu ada pengunjung Kota Lama yang memviralkan Kaka di sosial media.

Hingga Kaka akhirnya bisa mendapatkan bantuan seperti kamera dan drone handphone untuk mengembangkan bakatnya. Sekarang Kaka pun menggunakan kamera tersebut untuk memotret para pengunjung di Kota Lama. "Singkat cerita dulu ada yang memviralkannya dan banyak simpatisan yang memberi bantuan seperti memberikan kamera, drone handphone untuk mengembangkan bakatnya."

"Dan sampai sekarang ia memotret orang menggunakan kamera pemberian simpatisan," ucap pria asal Semarang, Jawa Tengah ini. Setelah bertemu dan melakukan battle foto, Sultan dan Kaka pun saling bertukar kontak. Agar bisa saling berhubungan jika salah satu dari mereka membutuhkan bantuan.

"Kita saling tukar kontak untuk tetap saling berhubungan jika salah satu dari kita butuh bantuan," pungkas Sultan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.