Apresiasi karya seni rupa dua dimensi acapkali diasumsikan sebagai pujian atas suatu karya seni dua dimensi. Sebenarnya, memberikan apresiasi atas sebuah produk seni tidak sekedar terbatas pada memuji.

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba memahami bagaimana sebenarnya wujud dari apresiasi karya seni dua dimensi itu. Bagaimana memberikan apresiasi yang tepat itu dilakukan.

Apa Sebenarnya Apresiasi Seni?

Ketika seseorang berhadapan dengan sebuah karya seni, banyak orang hanya akan melihat sisi indahnya kemudian melewatinya begitu saja. Mungkin kemudian beralih kepada karya seni lain, demikian seterusnya.

Melakukan apresiasi seni tidak sekedar melihat dan mengakui karya seni tersebut indah. Karena acapkali kata indah tidak sepenuhnya tepat Anda gunakan untuk memuji sebuah karya seni.

Beberapa karya seni mungkin memang diciptakan untuk memberi efek keindahan. Susunan warna, bentuk, komposisi yang tepat sehingga terlihat indah.

Namun ada karya seni lain yang tidak diciptakan untuk terlihat indah. Beberapa karya seni diciptakan sebagai bentuk estetik dari kritik, bentuk estetik suara hati dan lain sebagainya.

Jadi, apresiasi seni pada dasarnya lebih kepada bagaimana mengakui sisi estetis dari sebuah karya seni. Tetapi juga sekaligus memahami lebih baik nilai dan pesan yang coba disampaikan, menikmati detail yang dihadirkan, hingga menilai setiap komposisi yang ada di dalamnya.

Apresiasi seni merupakan proses penilaian dan penghargaan atas sebuah karya seni yang dilakukan oleh penikmat karya seni tersebut.

Apresiasi seni bertujuan untuk memberi penghargaan yang tepat untuk sebuah karya seni dan upaya yang telah seniman lakukan dalam menghasilkan karya seni tersebut.

Penghargaan yang tepat tidak sekedar dengan menikmati keindahan semata. Namun juga memahami pesan yang tersirat, komposisi, elemen material yang menjadi bahan utama dan lain sebagainya.

Bagi penikmati seni, apresiasi seni pun menjadi bagian dari proses meditasi rasa. Seorang yang dapat menemukan nilai dan rasa dari sebuah produk seni akan merasakan pengalaman estetis yang berbeda. Ini merupakan jenis kepuasan yang berbeda.

Wujud Apresiasi Karya Seni Rupa Dua Dimensi

Karya dua dimensi adalah karya seni yang tidak memiliki unsur kedalaman, hanya memiliki unsur panjang dan lebar. Biasanya berbentuk lukisan, ilustrasi, gambar arsir dan lain sebagainya.

Bagaimana melakukan apresiasi karya seni rupa dua dimensi? Setidaknya ada 3 cara untuk melakukannya.

Apreasiasi Empatik

Ini adalah wujud apresiasi karya seni rupa dua dimensi yang mengutamakan rasa empatik atau simpati. Juga dikenal sebagai apresiasi yang menggunakan rasa.

Biasanya berkenaan dengan rasa yang pelukis gunakan saat menghasilkan karya. Serta rasa yang muncul pada penikmat karyanya saat memandang produk karya seni tersebut.

Ketika Anda menyampaikan apresiasi atas karya dengan cara ini, maka yang Anda akan sampaikan adalah bagaimana karya tersebut sukses menghadirkan rasa tertentu di hati Anda.

Apresiasi Estetis

Bentuk apresiasi estetis adalah wujud dari apresiasi karya seni rupa dua dimensi yang mengutamakan elemen estetik dari karya tersebut.

Estetik dari penggunaan warna, efek sapuan kuas, komposisi elemen pada gambar, bentuk dan lain sebagainya. Di sini fokus terletak pada sisi keindahan dan tampilan fisiknya.

Seperti pewarnaan yang cerah memberi kesan trendy dan pop art. Sedang lukisan dengan efek suram membangun kesan vintage pada karya 2 dimensi.

Apresiasi Kritis

Bentuk apresiasi ini mungkin sedikit berbeda dari jenis apresiasi karya seni rupa dua dimensi lain. Biasaya apresiasi ini diberikan oleh kurator atau pakar seni.

Ini lebih seperti penilaian atas teknik, pemilihan material bahan, cat, komposisi dan elemen teknis lainnya. Apresiasi kritis ini pun juga dilakukan untuk ide-ide karya yang tidak biasa.

Bila Anda ingin mendalami lebih jauh soal apresiasi seni, Anda bisa buka laman pijar belajar. Ini merupakan OTT Edukasi Digital dari PT. Telkom Indonesia.

Pijar Belajar akan menjadi portal belajar bagi siswa untuk menemukan materi pembelajaran, latihan soal dan video pembahasan yang lengkap dan sesuai kebutuhan siswa modern.

By admin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *