Fakta-fakta Polantas Pacaran Pakai Mobil Dinas PJR, Dimutasi hingga Reaksi Ahok

Dalam beberapa hari ini ulah anggota polisi lalu lintas (polantas) yang menggunakan mobil dinas Patroli Jalan Raya (PJR) untuk berpacaran viral di media sosial. Dalam foto yang beredar di dunia maya, tampak mobil PJR tersebut melintas di jalan tol kawasan Jabodetabek. Topi putih Korps Lalu Lintas Polri terlihat ditaruh di dasbor mobil.

Kode mobil PJR juga terpampang jelas. Ada pula foto tangkapan layar yang menegur unggahan foto tersebut. Tindakan polisi lalu lintas itu pun mendapat reaksi dari netizen dan warga.

Dikutip dari Kompas.TV, Kepala Induk Turangga 04 Jagorawi Kompol Fitrisia Kamila mengatakan bahwa anggota polantas yang pakai mobil PJR untuk berpacaran ini adalah Bripda Arjuna Bagas Setiawan. Dia merupakan anggota PJR Korlantas Polri yang bertugas sebagai Bintara Unit (Banit) Subditwal dan PJR Ditgakkum Korlantas Polri. Kamis (21/10/2021), Bripda Arjuna Bagas lantas diamankan dan diperiksa oleh Biro Paminal Div Propam Polri.

Kepala Divisi Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo mengatakan bahwa anggota polantas tersebut akan didisiplinkan. “Yang bersangkutan sudah diamankan dan sekarang dalam pemeriksaan Biro Paminal Div Propam Polri. Kita akan tahan yang bersangkutan dan proses sidang disiplin serta dimutasi dari lantas,” kata Sambo, Kamis (21/10/2021). Akibat ulahnya, Bripda Arjuna Bagas kini dimutasi sebagai staf. Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Perintah Nomor Sprin/722/X/KEP./2021 dan Keputusan Kakorlantas Polri Nomor KEP/135/X/2021.

Kini, Bripda Arjuna Bagas bertugas sebagai Bintara Administrasi (Bamin) Subbag SDM Bagrenmin Korlantas Polri. Ferdy Sambo menjelaskan bahwa tugas baru Bripda Arjuna Bagas diberikan dalam rangka pembinaan disiplin. “Divisi Propam Polri melaksanakan sidang disiplin terhadap yang bersangkutan,” ujarnya.

Bripda Arjuna Bagas ini rupanya adik dari Puput Nastiti, istri Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang artinya adik ipar Ahok sendiri. “Iya itu adik istri saya,” kata Ahok saat dihubungi, Jumat (22/10/2021). Meski merupakan adik iparnya, Ahok tidak mau membela dan menyerahkannya kepada Propam Polri untuk proses disiplin.

“Saya tidak ikut campur masalah ini. Setiap anggota Polri sudah tahu konsekuensi pelanggaran yang mereka lakukan, termasuk Bripda Arjuna Bagas. Polisi pasti profesional untuk menindak anggotanya yang melanggar,” tegas Ahok. Komisioner Komisi Polisi Nasional (Kompolnas), Poengky Indarti, mengatakan tindakan Bripda AB tersebut tidak lah benar. Pasalnya, biaya operasional mobil dinas PJR berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), yang berarti kendaraan itu tidak boleh dipakai sembarangan.

"Memang benar, kendaraan dinas itu hanya boleh digunakan untuk dinas." "Karena uang yang digunakan untuk membeli mobil dinas dan bensin serta tolnya adalah dana APBN," kata Poengky saat dikonfirmasi , Kamis (21/10/2021). Dikutip dari Kompas.com , Bripda AB akan disidang terkait penyalahgunaan fungsi mobil PJR sebagaimana mestinya.

Hal ini disampaikan Kepala Divisi Propam, Irjen Ferdy Sambo. Sambo juga mengatakan saat ini Bripda AB telah dimutasi. "Sudah dimutasi ke staf dalam rangka pembinaan disiplin dan segera Div Propam Polri melaksanakan sidang disiplin terhadap yang bersangkutan," kata Sambo, dalam keterangannya, Jumat.

Aksi Bripda AB menggunakan mobil dinas PJR terungkap setelah viral di media sosial. Akun Twitter , mengunggah foto foto yang menunjukkan Bripda AB pergi ke Taman Safari bersama sang kekasih memakai mobil dinas PJR. "Kalo ke Taman Safari make mobil patroli boleh ga ya kira kira? Wkwkwk ," tulis kekasih Bripda AB di Instagram Story.

Bahkan, di beberapa unggahan kekasih Bripda AB, tampak bangga dijemput dan pergi menggunakan mobil dinas. Seru kan? Iri ya pasti. Wkwkwk sori jadi sombong, soalnya nih adek kelas gue yang pernah deket ma gue taunya, terus follow akun ini juga pasti liat dong ," tulisnya. Ya emang gue akan bilang sama cowok gue? Kita pacaran make mobil dinas biar ada strobonya wkwk. Apa situ mau ikut naik juga? Sini dijemput ," tulisnya di unggahan lain.

Namun, saat ini akun Instagram Bripda AB dan sang kekasih tak dapat ditemukan di Instagram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.