Pendapat Pakar soal Menyisir Rambut Basah, Bolehkah Dilakukan?

Kawan Puan, apakah kamu punya kebiasaan menyisir rambut basah? Kebiasaan menyisir rambut basah seringkali dilakukan perempuan setelah keramas agar rambut tidak kusut dan lebih rapi. Namun, kebiasaan menyisir rambut basah perlu dilakukan dengan tepat untuk menghindari kerusakan.

Bagi Kawan Puan yang memiliki rambut lurus, menyisir rambut basah berpotensi lebih berbahaya daripada menyisirnya saat rambut kering. "Hal nomor satu yang perlu diingat saat menyisir rambut adalah kondisi rambut paling rentan dan sensitif saat basah," jelas Shab Reslan, ahli trikologi dan penata rambut, seperti yang dikutip dari laman Byrdie . Menyisir rambut dalam keadaan basah dapat meregangkan, menarik, dan akhirnya merobek rambut.

"Rambut berada dalam kondisi terkuat saat kering. Sehingga, saat rambut masih basah, segala jenis penarikan seperti menyisir dapat berbahaya bagi rambut," ujar Michelle O'Connor, penata rambut profesional dan Direktur Artistik di Matrix. Kemudian, bagi pemilik rambut keriting atau bertekstur justru sebaliknya. Menyisir rambut keriting saat dalam keadaan masih basah lebih dianjurkan alih alih menyisirnya saat kering setelah keramas.

Menurut Nianda Reid , MD, MBA, dokter kulit bersertifikat dan pemilik Embrace Dermatology and Aesthetics, LLC, menyisir rambut keriting atau bertekstur saat basah sebenarnya membantu mengurangi kerusakan dan trauma pada folikel rambut dan menjaga pola keriting tetap utuh. Untuk pola rambut yang memiliki banyak elastisitas dan peregangan, ada kebutuhan untuk hidrasi atau kelembapan di samping beberapa jenis semprotan penghilang kusut, kondisioner, atau minyak untuk rambut lebih mudah diatur, Michelle menambahkan. Untuk rambut lurus, tunggulah rambut hingga kering sebelum menyisirnya.

Sedangkan untuk rambut keriting, waktu terbaik untuk menyisir rambut atau menghilangkan kekusutan adalah sebelum keramas. Michelle berpendapat, keramas mengangkat kutikula untuk menghilangkan kotoran dan minyak dengan benar. Kutikula yang terangkat pada rambut keriting dan ikal memungkinkan rambut menjadi kusut.

Setelah membilas sampo, sebagian besar rambut masih akan terurai dan kamu dapat melanjutkan merawatnya memakai kondisioner untuk menutup kultikula. Kemudian lanjutkan dengan menyisir rambut. Frekuensi menyisir rambut tergantung pada preferensi pribadi, serta jenis rambut, menurut Nianda. Untuk rambut lurus, sisirlah sebelum atau sesudah keramas. Sedangkan untuk rambut keriting, sisirlah rambut setiap tiga sampai tujuh hari tergantung pada hari keramas kamu.

Lebih lanjut lagi, tentukan frekuensi yang tepat berdasarkan jenis rambut untuk meminimalkan kerusakan. Nah itulah jawaban pakar soal menyisir rambut basah. Semoga Kawan Puan tak bingung lagi ya soal bolehkah menyisir rambut basah ini! (*)

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.