Kiat Sukses Membuat Surat Lamaran dalam Bahasa Inggris

Surat lamaran kerja benar-benar sangat diperlukan sekali seandainya anda akan melamar sebuah profesi atau pekerjaan, karenanya kita pantas membuat sangat menarik supaya kita dapat lebih dipercaya disaat melamar suatu pekerjaan.

Mengirim surat lamaran kerja dengan bahasa Indonesia bukanlah hal yang dapat kurangi nilai dari menariknya surat lamaranmu. Apa lagi, bila bahasa Indonesia yang kamu tulis memakai bahasa yang sopan, benar dan formal, maka hal itu malah jadi nilai tambah.

Tetapi, mengirimi surat lamaran kerja memakai bahasa Inggris yang diperuntukkan pada perusahaan tertentu, semakin lebih menarik dan memperlihatkan jika kamu ialah calon pekerja yang bilingual, alias kuasai dua bahasa secara baik. Penting untuk pastikan jika surat lamaran kerja yang dikirimkan telah dibuat secara baik, terlebih bila surat lamaran kerja dibikin dengan bahasa Inggris yang memperlihatkan potensi dan usaha kamu dalam melamar pekerjaan itu.

Untuk kelihatan professional, kamu perlu memerhatikan berbagai hal berikut di bawah ini, saat sebelum membuat surat lamaran kerja dengan bahasa Inggris:

1. Pilih Contoh Di Internet

Saat sebelum membuat surat lamaran dengan manual, lihat dahulu beberapa contoh yang telah tersebar di internet sebagai bahan perbandingan. Namun, yakinkan untuk pilih contoh yang cepat, padat dan jelas. Penting untuk menghindari contoh yang berbelit-belit saat ingin menulisnya.

2. Pakai gaya bahasa yang tepat

Hal yang ini tentu saja sangat jelas harus jadi perhatian. Gaya bahasa yang keliru tentu saja akan membuat surat lamaran kerjamu kelihatan tidak menarik di mata recruiter.

Saat menulis surat lamaran kerja, upayakan kamu memakai bahasa yang professional dengan gaya bahasa yang benar.

Baiknya janganlah sampai kamu memakai bahasa yang terlampau rileks atau casual karena hal tersebut akan berkesan kurang sopan.

Dengan demikian, orang lain yang membacanya akan mudah pahami apa isi yang dikatakan.

3. Perhatikan Bagian-bagian surat

Semestinya surat pengantar, surat lamaran kerja umumnya dipisah jadi bagian-bagian.

Paling tidak beberapa bagian berikut ini harus kamu tulis dalam surat lamaran kerja:

  • heading, umumnya diisi nama dan contact pengirim
  • salam pembuka, diperuntukkan ke HRD atau orang tertentu
  • kalimat pembuka, berisi mengenai alasan mengapa kamu mengirim surat lamaran kerja
  • isi surat, umumnya berisi mengenai kualifikasi dan kemampuan pengirim surat
  • kalimat penutup, berisi perkataan terima kasih dan contact yang dapat dihubungi untuk follow-up
  • tanda-tangan dan nama jelas dari pengirim

4. Periksa kembali

Hal paling akhir yang penting dilakukan ialah mengecek kembali isi pada surat lamaran kerja yang telah kamu bikin.
Ini penting karena ada banyak calon yang sering lakukan kekeliruan ejaan dalam surat lamaran kerja mereka.

Apalagi itu ialah lamaran kerja Bahasa Inggris, karena itu kamu perlu mengecek kembali apa gaya bahasanya telah betul ataukah belum.

Itu beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan saat membuat lamaran kerja bahasa inggris. Jika kamu ingin ketahui lebih dalam berkenaan bagaimana menulis surat lamaran kerja yang bagus dan beragam contoh surat lamaran kerja bahasa inggris yang bisa jadi rekomendasi saat menulis surat lamaran kerja, kamu bisa melihatnya melalui halaman mamikos.com Mudah-mudahan Bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.